Sweepeng Akibatkan Macet Panjang, Pengguna Jalan Kesal

oleh -29 views

ACCARITA, – Maraknya Sweepeng atau razia kendaraan yang dilakukan Satuan lalu lintas Polrestabes kota Makassar dikeluhkan oleh pengguna Jalan. Pasalnya sweeping tersebut selain diduga tidak mengikuti SOP juga mengakibatkan kemacetan panjang.

Seperti yang terlihat saat sweeping di jalan Mesjid Raya kec Bontoala Kota Makassar, Jumat (18/9/2020). Antrian kendaraan mengular sepanjang 300 meter, mulai gerbang Mesjid Al Markas Al Islami Makassar hingga depan pasar terong Makassar.

Sejumlah warga yang melintasi jalan itu menganggap operasi sweepeng sangat merugikan pengendara, selain macet juga tidak melihat adanya papan bicara yang menandakan adanya razia kendaraan.

“Kemacetan terjadi setiap kali sweeping, kita pengendara suka terhambat juga. Umpanya kita sudah ada janjian dengan mitra tapi akhirnya batal karena terlambat. Ini kan menjadi persoalan.” kesal salah satu pengendara yang beraktifitas sebagai kolektor Farmasi yang melintas di jalan Mesjid Raya Makassar.

“Disitu juga tidak ada tanda tanda kalau ada Sweepeng, seperti papan plang.” tambahnya.

Dari pantauan awak media, papan pemberitahuan operasi kendaraan tidak terlihat jelas dan diduga operasi kendaraan tidak mengikuti SOP yang ditetapkan pada Peraturan Pemerintah Nomor 80 Tahun 2012 tentang Tata Cara Pemeriksaan Kendaraan Bermotor di Jalan dan Penindakan Lalu Lintas dan Angkutan Jalan atau PP,

Pasal 21dan 22 PP tersebut menyebutkan, Pemeriksaan Kendaraan Bermotor di Jalan secara berkala dan insidental dilakukan di tempat dan dengan cara yang tidak mengganggu keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas.

Serta pada tempat Pemeriksaan Kendaraan Bermotor di Jalan secara berkala dan insidental wajib dilengkapi dengan tanda yang menunjukkan adanya Pemeriksaan Kendaraan Bermotor di Jalan, kecuali tertangkap tangan. Tanda tersebut ditempatkan pada jarak paling sedikit 50 (lima puluh) meter sebelum tempat pemeriksaan. Dan harus ditempatkan sedemikian rupa sehingga mudah terlihat oleh pengguna jalan.

Saat hendak dimintai keterangan di lokasi razia di Jalan Mesjid Raya, jajaran Polrestabes Makassar Ipda Jery enggan berkomentar terkait razia kendaraan yang dilaksanakan hari ini.

Sementara, hingga berita ini terbit Kasatlantas Polrestabes Makassar AKBP Faturrahman dikonfirmasi melalui percakapan WhatsAPP juga belum memberikan tanggapan. (Tim)

Edisi berlanjut….

Tentang Penulis: Penulis Website

Pimpinan Redaksi Accarita.com