Satgas Ya “Kecamatan Wajo Rutinki Periksa Pintu Air”

oleh -0 views

Satgas Kecamatan Wajo Rutin Periksa Pintu Air

MAKASSAR — Tim satgas kebersihan Kecamatan Wajo rutin melakukan pengecekan kondisi pintu air dan drainase di beberapa ruas jalan untuk mengantisipasi genangan dan banjir.

Camat Wajo, Ansaruddin Kalam mengatakan pemantauan dan pembersihan saluran air ini rutin dilakukan setiap hari. Apalagi saat ini sedang memasuki musim hujan.

Salah satu yang jadi perhatian, yakni pintu air di Jalan Nusantara, Makassar. “Jadi setiap hari tim satgas kami memantau kondisi pintu air di Jalan Nusantara. Apalagi pada saat hujan,” jelas Ansar.

Dikhawatirkan jika pintu air di ruas jalan Nusantara ini tersumbat, bisa menyebabkan air meluap dan menyebabkan genangan hingga banjir. Hal ini dikarenakan saluran air ke air laut ikut terhambat.

Makanya, sampah yang bisa menyumbat pintu air di Jalan Nusantara harus senantiasa dibersihkan. Agar dampaknya tidak meluas ke beberapa ruas jalan lain yang menjadi penanganan di Kecamatan Wajo.

“Jangan sampai ada sampah yang menyumbat pintu air, sehingga dapat memperlambat air ke laut yang bisa mengakibatkan genangan di Jalan Sulawesi,” jelas Ansar.

Selain penanganan di pintu air, pembersihan drainase juga menjadi perhatian. Satgas kebersihan Kecamatan Wajo turun hingga ke terowongan drainase membersihkan seluruh endapan sedimentasi dan sampah buangan masyarakat lainnya.

Ansar menyebutkan, pemantauan kondisi drainase ini dilakukan di beberapa titik ruas jalan. Diantaranya, Jalan Satangnga, Muhammadiyah, Salemo, Tarakan, dan Jalan Dakwah Makassar.

“Karena dititik ruas jalan disitu biasanya banyak sampah yang menumpuk di drainase. Pembersihan di saluran drainase ini juga rutin dilakukan setiap hari,” papar dia.

Ansar berharap, agar masyarakat bisa ikut terlibat dalam upaya menjaga lingkungan di wilayahnya masing-masing. Dengan upaya membuang sampah pada tempatnya, dan rutin membersihan drainase rumah apalagi menjelang musim hujan. (*)

Tentang Penulis: Penulis Website

Pimpinan Redaksi Accarita.com