Iqbal Suhaeb Paparkan Inovasi Makassar di Hadapan Tim Penilai IGA 2019

oleh

ACCARITA – Pj Wali Kota Makassar Iqbal Suhaeb memaparkan capaian inovasi Pemerintah Kota Makassar di hadapan tim penilai Innovative Government Awards (IGA) 2019 di Ruang Operation Room, Kantor Pusat Kemendagri, Kamis (26/9/2019).

Makassar menjadi salah satu nominator peraih ajang IGA 2019 yang digelar Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Dalam Negeri (BPP Kemendagri). Kompetisi ini diikuti provinsi, dan kabupaten, kota yang fokus pada inovasi baik di bidang tata kelola pemerintahan, pelayanan publik, maupun inovasi di bidang lainnya.

Tim penilai berasal dari Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia, Lembaga Administrasi Negara, dan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi.

Selama 15 menit, Iqbal Suhaeb menjelaskan berbagai capaian inovasi pemerintahannya seperti Labinov Beken dari Balitbang, Shelter Warga dari DP3A, Smart Auditing, Kupas Tas Disdukcapil, Golorong, dan Sikamaseta.

“Sasaran dari inovasi ini diharapkan adanya peningkatan pelayanan publik, pemberdayaan dan peran serta masyarakat, dan peningkatan daya saing,” kata Iqbal.

Tahun 2019 adalah tahun ke tiga bagi Makassar mengikuti kompetisi IGA. Setiap tahunnya terjadi peningkatan jumlah inovasi yang disertakan. Tahun 2017 (17 inovasi), tahun 2018 (75 inovasi), dan tahun 2019 (109 inovasi).

Tahun ini, Pemkot Makassar menargetkan meraih peringkat pertama setelah melewati beberapa tahapan seleksi, dari mulai mengunggah inovasi ke sistem indeks inovasi daerah, dan peninjauan lapangan oleh tim BPP Kemendagri. (*)