Iqbal Suhaeb Kembali Pantau Demo Hari ke Empat

oleh

ACCARITA – Pj Wali Kota Makassar Iqbal Suhaeb memantau langsung aksi demonstrasi mahasiswa terkait penolakan sejumlah RUU di Fly Over, jalan Urip Sumihardjo, Jumat (27/9/2019) malam.

Wali kota yang sudah sejak sore berada di lokasi demontrasi nampak berjalan menyusuri jalan Urip Sumihardjo melewati kerumunan massa dari berbagai perguruan tinggi di Makassar.

Menurut Iqbal, demonstrasi adalah sebuah dinamika dalam proses bernegara. Demonstrasi sebagai salah satu bentuk menyampaikan pendapat yang dilindungi konstitusi.

“Kita akan terus pantau. Unjuk rasa sebaiknya dilakukan dengan tertib dan damai. Jika ada potensi penyusup, sebaiknya hal itu segera diantisipasi,” ucapnya.

Iqbal menyebut saat ini Pemerintah Kota Makassar telah melakukan kordinasi melalui rapat koordinasi bersama Forkopimda dan pimpinan perguruan tinggi.

“Kami sudah menyampaikan sejak kemarin, supaya mahasiswa yang turun demo hari ini mengenakan atribut kampus supaya mereka dapat dikontrol menghindari jika ada pihak lain yang ingin menyusupi,” ujarnya.

Selain itu Iqbal menjelaskan dalam rapat koordinasi pihaknya telah meminta kepada pihak perguruan tinggi untuk meliburkan mahasiswanya, sambil mencermati eskalasi aksi yang diharapkan tensinya dapat menurun. (*)