GoWa-MO Dukung Komjen Pol Drs Agus Andrianto SH MH jadi Kapolri

oleh

 

ACCARITA, – Bursa calon Kapolri pengganti Jenderal Idham Azis mulai bergulir. Sejumlah nama sudah digadang-gadang berbagai pihak jelang Jenderal Idham Azis memasuki masa pensiun pada 2021.

Salah satu dukungan datang dari Organisasi Jurnalis Group Wartawan Media Online “GoWa-MO” Indonesia memberikan dukungan penuh kepada Komjen. Pol Drs Agus Andrianto SH MH, menjadi Kapolri pengganti Idham Azis.

Syafriadi Djaenaf Daeng Mangka menilai reputasi Komjen Pol Drs Agus Andrianto yang saat ini menjabat Kabaharkam Polri sudah teruji dalam mengendalikan keamanan NKRI.

“Tro Agus adalah sosok ideal kandidat Kapolri yang layak dipertimbangkan Istana. Saya berharap Pak Jokowi mendengarkan aspirasi organisasi jurnalis dan organisasi lainnya, banyaknya dukungan rekomended suatu bukti beliau tak perlu diragukan lagi,” tegas Daeng Mangka (sapaan akrab) menanggapi bursa calon Kapolri, pada Jumat (19/6/2020).

Sekadar diketahui, Komjen. Pol Drs Agus Andrianto SH MH (lahir di Blora, Jawa Tengah, 16 Februari 1967: umur 53 tahun) adalah seorang perwira tinggi Polri yang sejak 6 Desember 2019 menjabat sebagai Kepala Badan Pemelihara Keamanan Polri. Agus, lulusan Akpol 1989 ini berpengalaman dalam bidang reserse.

Tercatat, setidaknya ada delapan nama yang disebut-sebut bakal masuk ke dalam bursa calon Kapolri atau Kepala Kepolisian RI.

Dari delapan nama itu terdiri dari lima jenderal bintang tiga atau pangkat Komisaris Jenderal, dan tiga jenderal bintang dua atau pangkat inspektur jenderal. Mereka adalah lulusan Akademi Kepolisian tahun 1988 hingga lulusan tahun 1991.

Delapan nama itu adalah Wakil Kepala Kepolisian RI Komisaris Jenderal Gatot Eddy Pramono, Kepala Badan Intelijen dan Keamanan Polri Komisaris Jenderal Rycko Amelza, Kepala Badan Pemelihara Keamanan Komisaris Jenderal Agus Andrianto, Kepala Badan Reserse Kriminal Polri Komisaris Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Juga Kepala Kepolisian Daerah Metro Jaya Inspektur Jenderal Nana Sujana, Kepala Kepolisian Daerah Jawa Tengah Inspektur Jenderal Ahmad Luthfi, dan Kepala Kepolisian Daerah Jawa Timur Inspektur Jenderal Fadil Imran.

Sesuai prosedur, nama-nama yang masuk dalam bursa calon Kapolri itu akan digodok Dewan Kebijakan Tinggi Polri. Nama yang lulus seleksi akan diserahkan Kapolri kepada Presiden untuk dipilih, lalu dilakukan uji kepatutan di Komisi Hukum DPR.

Dg Mangka lebih jauh menjelaskan, bahwa selama ini selain track record Komjen Agus Andrianto yang tanpa cacat dan cela di dunia Kepolisian Republik Indonesia, juga keakraban dirinya dengan dunia Pers yang tak dapat diragukan lagi. Kepeduliannya dalam konteks profesionalisme kerja, juga berbanding lurus dengan kepeduliannya dalam konteks personal emosional yang diliputi unsur “loh jinawi” manusiawi.

“Beliau adalah salah satu figur dari kepolisian yang dimiliki republik ini, yang selalu bersinar dengan pengabdian-pengabdian yang telah lama teruji dan mumpuni serta tak pernah terkontaminasi dengan hal-hal negatif. Yang patut diacungi jempol pula, adalah kepeduliannya dengan awak-awak media yang selalu beliau bangun menuju maksimalnya sinergitas harmonisasi komunikasi yang selalu terjaga secara proporsional dan professional,” ulas Ketua Umum DPP GoWa-MO, Syafriadi Djaenaf Daeng Mangka, dengan semangat berapi-api mengharapkan Polri selalu dipimpin oleh personal yang penuh kualitas yang selalu bersinar.

Tentang Penulis: Penulis Website

Pimpinan Redaksi Accarita.com