Kampung Rewako Bisa Jadi Contoh di Sulsel, Ini Arahan Bupati Adnan :

oleh

 

ACCARITA, —– Setelah mencanangkan Kampung Rewako di Perumahan Griya Persada Manggarupi, Kelurahan Paccinongan, Kecamatan Somba Opu, Rabu (10/9) kemarin, Kabupaten Gowa kembali akan melaunching Kampung di Kecamatan Pallangga.

Kali ini Desa Julubori di Kecamatan Pallangga menjadi lokasi selanjutnya yang akan dilaunching menjadi Kampung Rewako. Kampung Rewako ini merupakan inisiasi jajaran Polres Gowa bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten, Kodim 1409 dan sejumlah elemen Masyarakat.

Bahkan kata Adnan semua desa dan kelurahan di Kabupaten Gowa akan dicanangkan menjadi Kampung Rewako. Orang nomor satu di Gowa ini berharap Kampung Rewako Gowa menjadi contoh di Provinsi Sulawesi Selatan.

Dalam rapat bersama sejumlah Pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait, Bupati Adnan meminta agar pencanangan Kampung Rewako ini bisa dipersiapkan dengan baik.

“Oleh karena itu, karena ini akan menjadi percontohan di Sulawesi Selatan saya berharap Kampung Rewako ini betul-betul dipoles dengan baik. Di Sulawesi Selatan belum ada seperti ini, baru Kabupaten Gowa yang memiliki konsep ini,” kata Adnan saat memimpin rapat teleconference, Kamis (11/6) sore.

Bupati termuda di Kawasan Timur Indonesia ini meminta agar jajaran SKPD terkait untuk terus berkoordinasi dengan jajaran Polres Gowa dan Kodim 1409.

“Saya minta untuk segera membahas persiapan Kampung Rewako ini bersama dengan Kapolres dan Dandim sekaligus untuk mematangkan persiapan. Yang kurang tolong untuk disempurnakan,” ujarnya.

Dirinya menjelaskan bahwa Kampung Rewako ini memiliki beberapa fungsi. Pertama Kampung Rewako ini akan mengedukasi masyarakat menerapkan protokol kesehatan seperti social distanching, physical distanching di tempat-tempat keramaian dan tempat-tempat umum, memakai masker, tidak berkontak, tidak bersalaman dan rajin cuci tangan.

Selain itu, keberadaan Kampung Rewako ini juga untuk menjaga dan meningkatkan ketahanan pangan dan untuk menjaga kondusifitas wilayah dalam keamanan dan ketertiban masyarakat.

Olehnya itu, menurut Bupati Adnan banyak yang perlu dipersiapkan di Kampung Rewako ini. Seperti pelayanan kesehatan, penyediaan bibit sayur-sayuran dan pembudidayaan ikan maupun beternak dengan memanfaatkan lahan yang ada.

Di Bidang pendidikan, Bupati Adnan meminta agar Kampung Rewako ini disiapkan perpustakaan yang dilengkapi dengan bacaan-bacaan dan melakukan pembinaan dan pelatihan kepada anak usia dini.

“Saya juga berharap pimpinan SKPD untuk bisa mengambil peran sesuai tupoksinya masing-masing sehingga apa yang kita harapkan dapat diwujudkan,” tandasnya.(JN)

Tentang Penulis: Penulis Website

Pimpinan Redaksi Accarita.com