Zainal Basri Palaguna Meninggal, Abdi Asmara Teringat Kenangan Saat Jadi Paskibraka

oleh

ACCARITA – Kabar duka menghampiri masyarakat Sulawesi Selatan, Rabu, 2 Oktober 2019. Gubernur Sulawesi Selatan periode 1993 hingga 2003, Mayjen TNI (Purn) Zainal Basri Palaguna meninggal dunia pukul 16.15 WITA .

Kabar meninggalnya pria kelahiran Enrekang, 9 Maret 1939 ini beredar luas di jejaring sosial media. Saat ini, Almarhum disemayamkan di rumah duka Jalan Hertasning Raya No 28 Makassar.

Anggota DPRD Kota Makassar, Abdi Asmara merasa kehilangan dan turut berduka cita atas berpulangnya ke rahmatullah, mantan Komandan Pusat Teritorial Angkatan Darat tersebut. “Bagi saya beliau adalah pemimpin yang tegas, jujur, bijaksana dan sangat mengayomi,” ujar Abdi.

Legislator Partai Demokrat tersebut punya kisah tersendiri dengan almarhum, saat terpilih mewakili Kabupaten Wajo menjadi anggota Paskibraka Propinsi Sulsel tahun 1991 silam. “Kala itu, beliau menjabat sebagai Pangdam VII Wirabuana dan sering kali datang melihat kami berlatih dan memberikan dukungan moral,” kenangnya.

Bahkan menurut Abdi, dirinya sempat ditawari untuk mendaftar Akademi Militer selepas lulus SMA. “Beliau suruh saya daftar Akmil dan berjanji akan memfasilitasi dan membantu saya supaya bisa lulus,” terangnya.

Sebagai bentuk duka yang mendalam, Abdi Asmara pun mengunggah ucapan belangsungkawa di akun Facebook miliknya.