Tingkatkan Layanan Perparkiran, PD Parkir Makassar Raya Resmi Terapkan TPE

oleh -1 views

ACCARITA – Perusahaan Daerah (PD) Parkir Raya Makassar secara resmi mengoperasikan Terminal Parkir Elektronik (TPE), Senin, (11/3) di Jl. RA Kartini, Makassar. Penerapan penggunaan alat pembayaran parkir berbasis uang elektronik ini sebagai salah satu inovasi PD Parkir dalam meningkatkan kualitas layanan perparkiran di Kota Makassar.

 

Direktur Utama PD Parkir Makassar Raya, Hj. Satriani Ulfiah Mungkasa, SE mengatakan bahwa selain peningkatan layanan perparkiran, penerapan TPE ini dalam mendukung keselamatan dan ketertiban lalu lintas melalui pemenata sistem perparkiran yang lebih baik. “Tujuan lainnya adalah untuk menekan angka kebocoran setoran parkir akibat parkir liar sehingga dapat meningkatkan PAD Kota Makassar dari retribusi parkir,” jelasnya.

 

Tahap pertama akan dipasang TPE sebanyak 25 unit di tiga ruas jalan, yakni 4 titik di Jl. RA Kartini, 10 titik di Jl. Somba Opu, dan 11 titik di Jl. Penghibur. “Kita akan liat dulu perkembangannya, kalau hasil evaluasi penggunaan TPE ini bagus kita akan tambah lagi,” ujarnya.

 

Direktur Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulsel Amanilson Sembiring sangat memuji penerapan TPE di Kota Makassar. Hal ini menurutnya sebagai inovasi luar biasa di bidang pengelolaan keuangan yang efisien, akuntabilitas dan kesetaraan akses bagi masyarakat. “Inovasi ini mampu mengubah kebiasaan dan mindset masyarakat untuk bertransaksi secara non tunai,” pujinya

 

Sementara itu, Walikota Makassar Ir Moh. Ramdhan Pomanto ini menuturkan bahwa pengaplikasian TPE ini adalah bagian dari usaha pemanfaatan teknologi dalam menjemput 99% potensi pemasukan parkir yang ada di Kota Makassar. “Jika ini berhasil bukan tidak mungkin kontribusi PD Parkir terhadap PAD Kota Makassar bisa mencapai Rp 200 miliar per tahun, ” sebutnya.

 

Danny berharap penerapan TPE ini betul-betul disosialisasikan semaksimal mungkin kepada masyarakat khususnya bagi kaum milenial. “Kita juga harus rangkul semua Daeng Parkir, petugas keamanan dan masyarakat agar sama-sama menjaga keberadaan alat ini,” pesannya.

 

Turut hadir dalam kegiatan ini Ketua DPRD kota Makassar Faroek M Betta, Ketua Tim Penggerak PKK Makassar Indira Jusuf Ismail, Perwakilan Company dari Swiss Alain Taher, Pimpinan PT Kinarya Terbaik Indonesia Sjamsurizal Zaenuddin, serta seluruh kepala SKPD dan Dirut Perusda se-kota Makassar.