Rusli Umar Sebut Ada Kelas Khusus  Tahfidz di SMANSA Bulukumba

oleh -225 views

Accarita, Bulukumba.- Kepala UPT SMA Negeri 1 Bulukumba Drs.Rusli Umar, M.Pd, menyampaikan,  pada tahun pelajaran 2022/2023 SMAN 1 Bukukumba membuka program 1 kelas khusus Tahfidz.

Menurutnya, satu kelas khusus ini, untuk peserta didik baru jumlahnya peserta didiknya hanya 35 siswa/ siswi yang merupakan hasil seleksi tes baca Alqur’an  saat awal masuk sekolah beberapa waktu lalu.

” Tujuannya agar siswa tamatan sekolah Tahfidz yang masuk SMA 1,  hafalannya tidak hilang bahkan bisa melanjutkan atau menambah hafalannya setelah di SMA,” jelas Rusli yang juga Anggota Komunitas 86.

Menurutnya, pada kurikulum baru yaitu Kurikulum Merdeka,  salah satu tema profil Pancasila adalah bergaya hidup berkelanjutan.

” Pada tema tersebut bagaimana siswa bersikap sesuai dengan kehidupan yang baik. Salah satunya bagaimana membuat kehidupan yang baik adalah dengan belajar agama khususnya menghafal Al Qur’an,” tambahnya.

Sejalan dengan program prioritas Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman,  dengan menambah jumlah jam mata pelajaran agama pada struktur muatan kurikulum melalui menghafal Alqur’an, maka
kelas khusus Tahfidz ini kerja sama dengan Rumah Tahfidz Imaman Ar Rasyid dan dibina khusus dari guru guru penghafal yang berpengalaman.

” Jadi meskipun anak anak belajar Tahfidz, tetapi tidak mengurangi waktu untuk belajar mata pelajaran umum,” sebutnya sambil menambahkan waktu untuk belajar Tahfidz Qur’an yaitu selama 12 jam pelajaran per minggu, diambil dari jam profil Pancasila pada dimensi beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

Disamping Tahfidz, kata Rusli didampingi Jafar,  salah seorang tenaga pengajar bahwa anak anak  peserta didik pada kelas khusus Tahfifz juga diajarkan bagamana  juga menjadi penceramah.

” Kami berharap semoga anak anak  kita penghafal Quran termasuk  orang-orang yang istimewa dihadapan Allah SWT,” harap Rusli Umar.-(*)

Editor Suaedy

The post Rusli Umar Sebut Ada Kelas Khusus  Tahfidz di SMANSA Bulukumba appeared first on Accarita.

No More Posts Available.

No more pages to load.