Danny Pomanto Minta Tender Dini, Kepala Bappeda Makassar Ungkap Kendala OPD

oleh -8 views

MAKASSAR, – Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto meminta seluruh jajaran melakukan tender pada proyek strategis di masing-masing OPD. Ada 18 proyek strategis milik Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar seperti Macca dan Japparate.

Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Makassar Helmi Budiman menilai hal itu sulit terwujud. Alasannya, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) belum miliki atau memenuhi syarat dalam tender sebuah proyek.

“Kemungkinan ada beberapa dokumen seperti UKL-UPL (Upaya Pengelolaan Lingkungan-Upaya Pemantauan Lingkungan) yang secara administrasi SKPD belum penuhi,” ungkap Helmi, Selasa

(29/11/2022).

Olehnya itu, sambung Helmi, pejabat di masing-masing OPD mesti persiapkan perencanaan secara detail. Sebab, hal itu menjadi bagian dalam hal melaksanakan tender sebuah proyek.

“OPD biasanya, perencanaannya belum lengkap sehingga teman teman Unit Layanan Pengadaan (ULP) menyatakan dokumennya belum lengkap,” jelasnya.

Untuk tender dini, kata Helmi, OPD bisa memasukkan dokumen ke ULP padq Minggu pertama sampai Minggu kedua Desember.

“Ketika sudah selesai prosesnya, sisa penetapan pemenang. Yang tentu kita menunggu lagi proses pelaksanaan tendernya. Paling tidak memakan waktu satu bulan,” tukasnya. (dn)

No More Posts Available.

No more pages to load.