Ciptakan Tertib Retribusi, LPM-Tripika Kecamatan Wajo Silaturahmi Pedagang Pasar Pecinan

oleh -97 views

MAKASSAR, Accarita – Dalam menciptakan tertib iuran harian, serta keamanan, ketertiban dan kebersihan lingkungan Pasar Pecinan, Tripika Kecamatan Wajo, bersama tim LPM Melayu Baru, mengadakan silaturahmi dengan para pedagang di Pasar Pecinan, Jalan Bacan.

Hal itu dilakukan untuk kebaikan dan mencari solusi bersama terkait keluhan yang dihadapi pedagang dan pengelola Pasar Bacan.

“Saya ucapkan selamat bekerja kepada Ketua LPM dan pengelola Pasar Bacan
Hari ini, perdana kita turun bersama selain untuk silaturahim sekaligus perkenalan dengan pedagang, termasuk menjalankan  misi dari Ketua LPM,” ujar Lurah Melayu Baru, Andy Richard Andareas, Senin (1/8/2022).

Lurah Melayu Baru mengatakan, berdasarkan hasil analisa beberapa keluhan dan saran selama turun bersama yakni, banyaknya hasil rapat/kesepakatan pengurus LPM/Pasar yang tidak berjalan seperti perbaikan dan pergantian meja ketika hilang atau rusak.

Sementara Ketua Pj LPM Melbar Omar, mengemukakan, pasar bacan butuh perhatian dan perbaikan. Baik dari segi penarikan retribusi begitujuga pemeliharaan sarana dan prasarana pedagang.

“Seperti meja dan tenda. Sudah banyak yang uzur. Perlu pembaharuan dan pemeliharaan. Ke depan kita akan perhatikan masalah ini,” tandasnya.

Omar mengaku, sudah menertibkan data pedagang di dalam pasar dadakan tersebut. Hal itu dianggap urgen untuk mengetahui jumlah lapak dan pedagang secara keseluruhan.

“Alhamdulillah, usai tim pengelola dan tripika Kecamatan dan Kelurahan melakukan uji petik yang kedua kalinya, akhirnya pedagang sudah tertib retribusi,” ungkap Omar.

Kendati demikian, masih ditemukan adanya lapak yang yang digunakan oleh pedagang lain akan tetapi berdalih tidak mau dikenakan retribusi olehnya itu perlu validasi data baik orang dan lapak.

“Masih ditemukan adanya pedagang yang tidak mau membayar karena menyatakan tidak pernah ditagih (menggunakan rumahnya untuk berjualan),”  paparnya.

Ia mengungkapkan, bahwa para pedagang butuh ruang untuk memberikan saran dan kritik.

Olehnya itu perlu adanya sarana sosial baik langsung (perwakilan pertemuan rutin) maupun saran jejaring sosial untuk mempermudah para pedagang mendapatkan informasi yang berkaitan dengan pengelolaan Pasar Bacan.

Hal ini berkaitan, agar dalam memberikan penjelasan tidak terjadi tumpang tindih, sehingga jalur komunikasi sesama pengurus mulai dari Kolektor sampai kepada Ketua berjalan dengan baik.

Perihal keamanan pasar, pihak TNI-Polri siap membackup dengan tetap memperhatikan langkah persuasif bila ada hal yang diduga dapat mengundang gangguan kamtibmas.

The post Ciptakan Tertib Retribusi, LPM-Tripika Kecamatan Wajo Silaturahmi Pedagang Pasar Pecinan appeared first on Accarita.

No More Posts Available.

No more pages to load.