Pangdam XIV/Hasanuddin Disambut Secara Adat pada  Acara Adat Kedatuan Luwu

oleh -170 views

Accarita, Palopo – Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Andi Muhammad Bau Sawa Mappanyukki, S.H., M.H bersama Ketua Persit Kartika Chandra Kirana PD XIV/Hsn,
Ny. Amelia Arisanti Andi Muhammad, dipasangkan Pin dan pemberian cindera mata dari Kedatuan Luwu Kota Palopo. Kamis 30/06/2022.

Kapenrem 141/Tp. Mayor Arm Arfan Towasi, mengemukakan, kedatangan cucu langsung dari H. Andi Mappayukki Raja Bone ke-32 dan cicit langsung dari Raja Gowa ke-34 I’Makkulau Daeng Serang Karaengta Lembang Parang ini disambut dengan gelar Kedatuan Luwu.

Menurut Kapenrem, kegiatan diawali dengan mengelilingi Kompleks Istana Kedatuan 3 kali dilanjutkan dengan proses masuk Istana dan masuk Arajang untuk berdoa.

Pangdam menyampaikan bahwa hari ini telah melakukan silaturahim dengan keluarga besarnya khususnya di Kedatuan Luwu, karena dirinya adalah bagian dari Luwu yang kebetulan berlangsung acara adat dengan mengundang 12 kerajaan.

Mayjen Andi Muhammad mengaku bangga dan senang dan memberikan apresiasi kepada Datu Luwu beserta keluarga karena diterima dengan penuh keakraban, dan penuh persaudaraan.

” Terus terang saya sangat bangga dan senang karena budaya adat istiadat ini masih dijaga dengan baik, dan saya memberikan apresiasi kepada Datu Luwu beserta keluarga karena saya diterima dengan penuh keakraban dan penuh persaudaraan dan sebagai Pangdam Hasanuddin saya menghimbau dan pesan kepada seluruh adat yang ada di Sulawesi Selatan, mari kita bersatu seperti dulu, harus solid dan bersinergi dalam rangka membangun Sulawesi Selatan ini,” harapnya.

” Dari dulu kita sudah eksis, setelah merdeka kita pun masih eksis, terutama bagaimana menjaga adat istiadat budaya kita selama ini, termasuk kepada pemerintah kota Palopo saya meghimbau kepada forkopimda agar memberikan kontribusi kepada A’datuan di sini, bersama-sama membangun pemerintah daerah terutama di Kota Palopo ini,” sebut Pangdam.

Turut hadir dalam kegiatan, Brigjen TNI Djashar Djamil, S.E (Danrem 141/Tp) beserta Istri, PJU Kodam XIV/Hsn dan Korem 141/Toddopuli beserta Istri, Walikota Palopo
Drs. H. Muh. Judas Amir, Bupati Luwu Timur Drs. H. Budiman, Ketua DPRD Palopo DR. Hj. Nur Haeni S.Kp. M.Kes, Kajari Agus Riyanto, SH, Dandim 1403/ Palopo, Letkol Inf Afriadi Nidjo.S.M, M.IP, Hj. Indah Putri Indriani S.Ip M.Si (Bupati Luwu Utara),
Kompol Muh Agus SE M.M, (Danyon Brimob Kompi B Luwu Utara) Drs. H. Basmin Mattayang, M.Pd (Bupati Luwu), Hasanuddin M, SH.,MH
(Ketua Pengadilan Negeri Palopo)
AKBP Muh Usman Yusuf (Kapolres Palopo) Rusli Sunali, S. Pd (Ketua DPRD Luwu) M. Arifin, S,Ag (Ketua DPRD Luwu Timur),Drs. Basir, SE, (Ketua DPRD Luwu Utara), YM. Addatuang Sawitto, YM. Addatuang Sidenreng, YM. Ketua Umum FSKN, YM. KGPAA Mangku Alam, Ketua Marsi Sul Sel, YM. Datu Pammana, YM. Karaeng Marusu, YM. Andi Bau Malik, YM. Ketua Umum KNKT, YM. Petta Karaeng Oddang. (Penrem 141/Tp.)

Editor Suaedy

The post Pangdam XIV/Hasanuddin Disambut Secara Adat pada  Acara Adat Kedatuan Luwu appeared first on Accarita.

No More Posts Available.

No more pages to load.