Kelangkaan Pupuk, Mentan “SYL” Agendakan Pemerintah Kabupaten Gowa Turun Pantau Pupuk Bersubsidi

oleh -0 views

ACCARITA, — Kelangkaan Pupuk terjadi hampir semua daerah di dua kecamatan yakni Kec.Bontonompo dan Kec.Bajeng Barat Des Gentungan, Kabupaten Gowa mengeluhkan kelangkaan pupuk bersubsidi

Hal tersebut terungkap setelah awak media melakukan penelusuran di beberapa wilayah di Kabupaten Gowa.

Sementara itu petani sama-sama mengeluhkan kelangkaan pupuk bersubsidi, misalnya para petani di Desa Bontobiraeng Kec.Bontonompo, mereka juga mengeluhkan keterlambatan pupuk bersubsidi.

Mereka para petani mengaku sudah dua minggu lebih menunggu kedatangan pupuk bersubsidi.

Dengan keterlambatan kedatangan pupuk tersebut otomatis masa pemupukan untuk tanaman padi milik petani menjadi terlambat.

Menurut mereka sampai kapankah masalah keterlambatan pupuk ini terus terjadi, karena masalah tersebut menurut mereka hampir setiap tahun terjadi.

Petugas PPL Desa Gentungan Rusli ketika dikonfirmasi belum lama ini mengenai kelangkaan pupuk bersubsidi oleh Awak media mengatakan bahwa RDKK Pengecer sudah saya kasih silahkan mengenai masalah pupuk kita pertanyakan langsung ke pengecernya, kata Rusli

Ditempat terpisah Syahrul Yasin Limpo “Menteri Pertanian” saat di konfirmasi lewat Whatsappnya mengenai ketersediaan pupuk di beberapa wilayah Sulawesi Selatan meriliskan, : “[20/1 03:00] Sarwo Dirjen Psp: Yth Bapak Menteri, berikut kami sampaikan laporan dari Dir.Pemasaran Pupuk Kaltim/PKT terkait kelangkaan pupuk bersubsidi di Kab. Gowa :
=====

Sehubungan dengan pemberitaan diatas dapat kami sampaikan sbb :

Di Kabupaten GOWA
*Kec. Bontonompo*
Alokasi/Penebusan/%
1.101 / 350. / 32%
*Kec. Bajeng Barat*
647 / 190. / 29%

Stok Gudang Takalar untuk penyaluran pupuk di Kab. Gowa dan Kab. Takalar :
Stok / Alokasi / Min stok / %
1.136 / 891 / 623 / 182%

Total keseluruhan Stok Sulsel :
Stok / alokasi / Min stok / %
61.440 / 27.621 / 18.991 / 324%

Berdasarkan kondisi stock di gudang maka persediaan cukup hingga 2.5 bulan ke depan.

Team PKT sudah berkoordinasi langsung dengan Kepala Dinas Pertanian Kab. Gowa pagi ini. Informasi yang diperoleh sehingga munculnya pemberitaan adalah SK Alokasi distan Kab.Gowa baru terbit tanggal 10 Januari 2020 dikarenakan menunggu SK Distan Provinsi. Sedangkan print out E-RDKK baru bisa dilaksanakan tgl 17 januari 2020.

Untuk antisipasi stock sesuai permendag Pupuk Kaltim sudah meminta pelaksanaan penebusan semua Distributor dilakukan per tgl 7 januari 2020. Walaupun E-RDKK masih belum menyeluruh.

Disamping itu, ada permasalahan E-RDKK yg tertukar seperti yg terjadi di Kec Bontonompo, yang seharusnya untuk Kios CV CITRA DEWI tapi tertukar ke KIOS CV DUA DELAPAN, sehingga kami berkoordinasi terlebih dahulu ke Distan Kabupaten setempat untuk memperoleh persetujuan.

Produsen berkomitmen untuk memenuhi permintaan di lapangan sesuai *Alokasi* yg ada dan telah terbitnya *E-RDKK* seperti yg diamanahkan di *PERMENTAN NO 1 Tahun 2020*

Demikian laporan kami. Terima Kasih.
[20/1 03:00] Sarwo Dirjen Psp: *Rapat Koordinasi* bersama Dinas TPH Kab Gowa
1. Kepala Dinas TPH Kab Gowa. Bapak Sugeng
2. Kabid PSP Bapak Ilyas
3. Kasi PSP Bapak Iksan
4. Petugas Pupuk Kaltim (AE) Gowa Bapak Hasril.
5. Distributor PT. GCS Bapak Sudirman

*Agenda*
Menanggapi Berita kelangkaan Pupuk Di Kab. Gowa

*Kesimpulan*
Bersama Dinas TPH Kab Gowa bersama-sama turun ke lapangan khusus Kec. Bajeng Barat dan Bontonompo Kab. Gowa untuk klarifikasi berita di Media”.

Editor : Rahmayadi

Tentang Penulis: Penulis Website

Pimpinan Redaksi Accarita.com